Kliping Media Online: PKBI : HIV/AIDS Makin Mengancam Ibu Rumah Tangga
2 March 2015
Kliping Media Online : Ratu Hemas Raih Penghargaan Kesehatan Reproduksi
2 March 2015
Show all

Siaran Pers : Berkomitmen Penuhi HKSR, PKBI Beri Apresiasi GKR Hemas

SIARAN PERS
BERKOMITMEN PENUHI HKSR, PKBI BERI APRESIASI GKR HEMAS
Jakarta, 02 Maret 2015
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) akan menganugerahkan Penghargaan kepada Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas sebagai Anggota Kehormatan PKBI. Penghargaan tersebut didasari karena dukungan GKR Hemas dalam upaya pemenuhan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) bagi remaja (ragam identitas), perempuan, dan kelompok yang mengalami ketidakadilan.
Dukungan tersebut sangat nyata dirasakan oleh PKBI khususnya PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ketika beliau bersedia membuka Musyawarah Daerah (Musda) PKBI DIY pada tahun 2010 dan 2014, serta paparan presentasi tentang pemenuhan HKSR di Indonesia khususnya DIY.
Atas dedikasi dan komitmen beliau, maka PKBI DIY mengusulkan nama ibu GKR Hemas untuk menerima Penghargaan tersebut sebagai “Anggota Kehormatan PKBI”.
Ketua Pengurus Nasional PKBI Sarsanto Wibisono Sarwono menyatakan bahwa penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi terhadap kerelawanan dan dukungan GKR Hemas untuk perjuangan memenuhi HKSR bagi seluruh rakyat Indonesia.“Prinsip kerelawanan adalah salah satu prinsip yang menjadi filosofi di PKBI oleh sebab itu kerelawanan GKR Hemas yang sangat tinggi patut diberikan penghargaan,” ujar Sarsanto.
“Diharapkan dukungan GKR Hemas ini dapat menjadi teladan bagi tokoh masyarakat lainnya dan mempengaruhi stakeholder lainnya untuk peduli terhadap isu HKSR maupun masalah kependudukan lainnya,” tuturnya.
Penganugerahan Penghargaan sebagai “Anggota Kehormatan PKBI” diberikan setiap 4 (empat) tahun sekali ketika Musyawarah Nasional (Munas). Setiap PKBI Daerah mengusulkan nama relawan yang mempunyai dukungan nyata untuk PKBI dan berkontribusi di daerahnya. Nama relawan tersebut diseleksi oleh Tim Panitia Penghargaan, lalu diputuskan di Munas.
Pada Munas PKBI ke XV di Kupang, Nusa Tenggara Timur, 9-11 Oktober 2014 yang lalu, GKR Hemas diputuskan sebagai salah satu relawan yang patut menerima penghargaan.
Penganugerahan Penghargaan akan diselenggarakan pada acara Rapat Pleno Nasional dan Rapat ParipurnaI PKBI tanggal 1-2 Maret 2015. Rapat Pleno Nasional dan Rapat Paripurna I PKBI ini merupakan Forum Pertemuan Nasional PKBI yang dihadiri oleh Badan Pengawas PKBI, Pengurus Nasional, Ketua Pengurus Daerah dari 27 Provinsi serta staf PKBI.
Pertemuan ini bertujuan menghasilkan keputusan/kesepakatan untuk kebijakan organisasi dan perkembangan program PKBI Tahun 2015.

*Tentang Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)*
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) merupakan sebuah organisasi gerakan yang didirikan pada tahun 1957. PKBI mempelopori gerakan Keluarga Berencana di Indonesia. Hingga saat ini PKBI memiliki kantor daerah di 27 Provinsi di Indonesia dan terus memperjuangkan hak warga Negara untuk terpenuhinya hak kesehatan secara menyeluruh termasuk kesehatan seksual dan reproduksi.
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)
Jl. Hang Jebat III/F3 KebayoranBaru-Jakarta Selatan
(021-720-7372)
www.pkbi.or.id
Informasi lebih lanjut hubungi : Devi (081805889245)

error: Content is protected !!