Kliping Media Online :PKBI Tolak Klausul Perjanjian Bantuan Global Fund
2 March 2015
Siaran Pers : Berkomitmen Penuhi HKSR, PKBI Beri Apresiasi GKR Hemas
2 March 2015
Show all

Kliping Media Online: PKBI : HIV/AIDS Makin Mengancam Ibu Rumah Tangga

PKBI: HIV/AIDS Makin Mengancam Ibu Rumah Tangga
Written by Evelyn Falanta
Thu,05 February 2015 | 08:20

KBR, Jakarta – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) menyatakan virus HIV/AIDS mulai mengancam kalangan ibu rumah tangga.

Menurut Juru Bicara PKBI Devi Fitriana, data Kementerian Kesehatan menunjukkan jumlah ibu rumah tangga yang terserang HIV/AIDS sebanyak 6500 orang. Menurut dia, para ibu ini kebanyakan ditulari suami.

“Jadi, penularan HIV AIDS itu ada diranjang rumah tangga sendiri yang tidak lain penularannya melalui hubungan seksual. Secara kan ibu rumah tangga mengurusi domestik saja dalam artian dia di rumah mengurus anak dan ngurus rumah, tapi ini penularannya melalui suaminya,” kata Devi.

“Kemudian data dari Kemenkes ibu penderita HIV positif itu terbesar di Indonesia 6539 orang, kalau yang dulu kan isunya HIV penularannya melalui pekerja seks komersial, sedangkan jumlah PSK yang terinfeksi HIV hanya 2.052 orang di September 2014.”

Devi Fitriana menambahkan untuk mencegah penularan virus HIV/AIDS, PKBI telah menempatkan kader-kader ibu rumah tangga di tingkat rukun warga hingga kelurahan. Mereka akan memberikan edukasi seputar HIV/AIDS kepada masyarakat.

Editor: Antonius Eko

http://www.portalkbr.com/berita/nasional/3383211_4202.html

error: Content is protected !!