Menyoal Diskriminasi terhadap Perempuan: 34 Tahun Pasca Ratifikasi CEDAW
31 July 2018
Show all

Eratkan Koordinasi Tim Kemanusiaan, PKBI Selenggarakan Lokakarya

PKBI menyelenggarakan Lokakarya Kerangka Konsep dan Kerja Program Kemanusiaan di Hotel Arjuna, Yogyakarta 6-7 Agustus 2018.

Lokakarya ini menghadirkan Tim Kemanusiaan PKBI Pusat, Koordinator Tim Kemanusiaan PKBI Region Timur, Tengah, Barat, dan Selatan, Direktur Eksekutif Daerah PKBI Kalimantan Tengah serta Direktur Eksekutif Daerah Nusa Tenggara Timur.

Sementara itu, hadir sebagai narasumber Keya Saha Chauduri Senior Capacity Development and Partnership Advisor Humanitarian Programme IPPF.

Melalui Lokakarya ini, Tim Kemanusiaan PKBI berkoordinasi untuk menelaah dan menyusun kerangka kerja kompetensi Program Kemanusiaan. “Telaah kerangka kerja ini berguna untuk membantu memetakan kebutuhan PKBI secara organisasi terkait kemampuan yang dimiliki dan dibutuhkan untuk ditingkatkan. Dengan memiliki kerangka kerja, kita akan memiliki nilai tawar,” tutur Keya.

Pada hari pertama Keya menjelaskan capacity framework dan alur kerja program kemanusiaan. Lalu, dilanjutkan diskusi tentang mekanisme respon bencana beserta dokumen pendukungnya; membandingkan berbagai perubahan 2017-2018, hingga rencana peningkatan kapasitas.

Hari kedua, Keya mengajak para partisipan untuk mengembangkan capacity plan (rencana kapasitas). Ini dilakukan untuk menggali kekuatan atau kompetensi khas yang dimiliki oleh PKBI. Untuk itu, partisipan melakukan analisis SWOT (Strenghts – Kekuataan, Weaknesses – Kelemahan, Opportunities – Peluang, Threats – Ancaman) terkait PPAM (Paket Pelayanan Awal Minimum) Kesehatan Reproduksi.

Dari hasil analisis, PKBI menentukan prioritas peningkatan kapasitas kebencanaan yang dibutuhkan dalam waktu 2-3 tahun ke depan. Selain itu, juga didiskusikan kemungkinan untuk menggali potensi sumber dana untuk peningkatan kapasitas tersebut.