Dengan ini kami informasikan bahwa saat ini membutuhkan:

  1. Monitoring, Evaluasi dan Learning (MEL) Officer
  2. Finance Officer
  3. Grant Manager
  4. Logistik

Aplikasi lamaran dilampiri Curriculum Vitae (CV), Surat referensi/rekomendasi dari lembaga yang pernah bekerjasama, foto terbaru (4×6 berukuran) dikirimkan ke PKBI Pusat melalui email: ippa@pkbi.or.id dan hrd@pkbi.or.id (tidak lebih dari 300 kb) paling lambat 1 Januari 2023 untuk MEL, Finance officer dan Grant Manager. Sementara untuk Logistik paling lambat 9 Januari 2023.

SPESIFIKASI DAN KUALIFIKASI JABATAN

A. MONITORING, EVALUASI DAN LEARNING (MEL)
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat membutuhkan satu orang Monitoring, Evaluating, Learning (MEL) yang dapat mengelola kegiatan MEL. Tugas utama MEL adalah:

  1. Melaksanakan baseline dan endline survey.
  2. Mengembangkan MEL plan lengkap dengan instrument.
  3. Berpartisipasi dalam workshop perencanaan program.
  4. Mengelola proses MEL di tingkat Pusat dan 25 Daerah.
  5. Melakukan pengumpulan data, konsolidasi data, analisis data, dan visualisasi data.
  6. Menyusun laporan mid-term dan end-term capaian proyek.
  7. Berkontribusi pada pelaksanaan riset dan study.

KUALIFIKASI DAN SPESIFIKASI MONITORING, EVALUATING, LEARNING (MEL)

  1. Lulusan S1 dalam Ilmu Sosial, Kesehatan Masyarakat atau pendidikan yang relevan.
  2. Memiliki pengalaman MEL minimal 2 tahun.
  3. Memiliki pengetahuan tentang Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR).
  4. Memiliki keterampilan membuat dan menggunakan formulir elektronik pengumpulan data.
  5. Memiliki pengalaman dan kemampuan menulis (laporan/story telling/komunikasi).
  6. Menguasai metode evaluasi proyek.
  7. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris baik lisan dan tulisan.
  8. Bersedia melakukan perjalanan domestik dan internasional.
  9. Bersedia bekerja dengan memenuhi prinsip dan nilai PKBI yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, keberagaman, dan inklusivitas.

B. FINANCE OFFICER
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat membutuhkan satu orang Finance Officer yang dapat menyusun anggaran, mendokumentasikan dan membuat laporan keuangan dengan akurat. Tugas utama Finance Officer adalah:

  1. Menyusun anggaran program dan kegiatan
  2. Mengelola keuangan termasuk didalamnya: menyiapkan dan mereview dokumen keuangan sebelum diteruskan ke sistem keuangan PKBI; memantau cash flow keuangan proyek, dan menjamin kepatuhan terhadap panduan keuangan proyek (&/atau panduan akuntansi yang berlaku umum).
  3. Mereview dokumentasi seluruh transaksi keuangan secara kronologis, rinci dan akurat.
  4. Membuat laporan aanalisa keuangan secara berkala setiap bulan
  5. Membuat permohonan pembayaran/uang muka proyek beserta kelengkapannya.
  6. Mencatat semua transaksi keuangan harian proyek sesuai dengan sistem dan prosedur keuangan Lembaga Donor dan Perkumpulan.
  7. Menyusun SPJ Proyek beserta kelengkapannya sesuai dengan sistem dan prosedur
  8. keuangan Lembaga Donor dan Perkumpulan.
  9. Menyimpan seluruh bukti transaksi keuangan Proyek yang sudah diverifikasi dan
  10. dibukukan Akunting sesuai dengan sistem dan prosedur keuangan Lembaga Donor
  11. dan Perkumpulan.
  12. Melakukan korespondensi dengan Lembaga Donor berkaitan dengan keuangan
  13. Proyek melalui penanggungjawab program/proyek.

KUALIFIKASI DAN SPESIFIKASI FINANCE OFFICER

  1. Pendidikan Minimal S1 Akuntansi
  2. Memiliki pengalaman kerja Minimal 2 tahun di bidang Keuangan NGO (diutamakan)
  3. Menguasai sistem akuntasi keuangan dan manajemen keuangan Organisasi Nirlaba
  4. Dapat mengoperasikan berbagai Software Akuntansi
  5. Menguasai Microsoft office: Excel, MS word, dan Power point
  6. Memiliki pengatahuan tentang perpajakan, PPH 21 dan 23
  7. Berpengalaman dalam pengembangkan kapasitas manajemen keuangan
  8. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan dan tulisan
  9. Bersedia bekerja dengan memenuhi prinsip dan nilai PKBI yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia, keberagaman, dan inklusivitas.
  10. Bersedia melakukan perjalanan Domestik dan Internasional.

C. GRANT MANAGER
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat membutuhkan satu orang Grant Manager yang dapat menyusun anggaran, mendokumentasikan dan membuat laporan keuangan dengan akurat. Tugas utama Grant manager adalah:

  1. Mengelola dan mendukung persyaratan hibah dan implementasi untuk organisasi
  2. Mengidentifikasi dan mengembangkan strategi untuk mengoptimalkan proses administrasi hibah
  3. Memastikan proses hibah dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan operasional dan keuangan organisasi
  4. Melakukan fungsi administrasi umum, verifikasi pengeluaran dan laporan keuangan
  5. Melakukan analisis dan penilaian Kinerja keuangan dan program berdasarkan laporan keuangan dan program berdasarkan laporan bulanan dan indikator pencapaian.
  6. Menyusun rencana dan alokasi keuangan atau anggaran beserta bagian perencanaan dan keuangan sesuai dengan kebutuhan masing-masing
  7. Membuat analisis tren anggaran dan buat rekomendasi untuk pengendalian dan pengurangan biaya.

KUALIFIKASI DAN SPESIFIKASI GRANT MANAGER

  1. Pendidikan minimal S1, lebih diutamakan Akuntansi atau Ekonomi
  2. Keterampilan manajemen proyek yang sangat baik dengan pengalaman dalam mengelola dan mengawasi proyek administrasi minimal 2 tahun
  3. Keterampilan interpersonal dan presentasi yang sangat baik
  4. Kemampuan untuk bekerja dalam tim
  5. Berpengalaman dengan keterampilan manajemen keuangan termasuk mengembangkan dan memantau anggaran dan pelaporan keuangan
  6. Multi-tasker dengan kemampuan kuat untuk bekerja di bawah tekanan
  7. Kemampuan untuk memprioritaskan pekerjaan, memenuhi tenggat waktu dan menghasilkan hasil yang berkualitas tepat waktu dengan memperhatikan detail.
  8. Memiliki pengetahuan tentang perpajakan PPH 21 dan 23
  9. Menguasai Microsoft Excel, Word, Powerpoint dll
  10. Mempunyai pengetahuan tentang sistem akuntansi keuangan dan manajemen keuangan organisasi nirlaba.

D. LOGISTIK OFFICER
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Pusat membutuhkan satu orang Logistik Officer yang akan melakukan perencanaan sistem logistik dengan tugas utama Logistik Officer adalah:

  1. Melakukan perencanaan dan monitoring pengadaan kebutuhan alat kotrasepsi, obat-obatan, dan peralatan kantor
  2. Melakukan pengecekan secara rutin terhadap perlengkapan, jumlah, kondisi barang yang ada di dalam gudang (Stock Opname)
  3. Bertanggung jawab atas kegiatan penyimpanan dan distribusi barang
  4. Melakukan pengiriman, stok, service (pemeliharaan) barang/peralatan kantor
  5. Membuat laporan berkala stok logistic
  6. Melakukan inventarisasi asset Nasional
  7. Merancang sistem digitalisasi logistik