Siaran Pers: Rayakan Ulang Tahun ke-62, PKBI Hadirkan Layanan Kesehatan Reproduksi untuk Warga
19 December 2019
Diskusi Terfokus Ahli: Carut Marut Kebijakan terkait Aborsi Aman
20 December 2019
Show all

Perayaan HUT PKBI ke-62: Inklusif, Esensial, dan Meriah

Hari ini, 19 Desember 2019 PKBI merayakan ulang tahunnya yang ke-62 dengan tema ‘Keluarga yang Bertanggung Jawab dan Toleran’ di Wisma PKBI, Kebayoran Baru. Acara seremonial ini dihadiri oleh Pengurus Nasional, Pengurus Daerah, Direktur Eksekutif Pusat, Direktur Eksekutif Daerah, dan Staf PKBI dari seluruh Indonesia. Di samping keluarga PKBI, acara ulang tahun dihadiri oleh organisasi mitra yang selama ini bekerja dekat dengan PKBI. Tidak lupa kehadiran perwakilan dari Pemerintah DKI Jakarta dan The Asia Foundation selaku lembaga donor. 

 

Kegiatan hari ini dimulai dengan pemutaran video cerita-cerita staff dan Direktur Eksekutif Daerah dan harapan mereka akan PKBI ke depan. Acara dimulai secara resmi dengan alunan lagu Indonesia Raya dan Mars PKBI, serta diikuti oleh sambutan dari Ketua Pengurus Nasional, Dr. Ichsan Malik, M.Si. Perwakilan dari Pemerintah DKI Jakarta dan Direktur Eksekutif Pusat pun menyampaikan sambutannya. Rangkaian monolog ditutup dengan pemotongan nasi tumpeng sebagai simbol perayaan HUT. 

 

Keragaman menjadi highlight utama acara hiburan di siang ini. Setiap perwakilan daerah yang hadir memamerkan busana baju adat mereka hingga di depan panggung. Setelah semua perwakilan lebih dari 20 daerah berkumpul di panggung, keragaman ini diabadikan untuk memperlihatkan warna-warninya PKBI. Keramaian ini diimbangi oleh momen mengharukan ketika Merlyn Sopjan, role model inklusi sosial membacakan puisi tentang pengalaman dan perjuangannya hingga diterima sebagai waria. 

 

Dalam pidato sambutan, Dr. Ichsan Malik menyinggung mengenai nilai inklusif dalam tubuh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia. Program Peduli yang mengangkat konsep inklusi sosial berfokus pada waria dan Anak yang Menghadapi Pidana Penjara (AMPP). Sesi diskusi menyorot realita anak yang dididik dalam Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang rentan kekerasan, tapi kian membaik dengan adanya intervensi PKBI. Pelaksana Program Peduli dari Sumatra Selatan dan Jawa Barat berbagi tentang upaya-upaya mereka seiring dengan pemenuhan hak anak di balik jeruji LPKA.

 

Pembagian door prize di akhir acara menjaga kemeriahan sampai detik terakhir. Untuk membangun suasana, pembagian door prize diselingi hiburan oleh band yang mengajak seluruh peserta perayaan untuk berdiri dan maju ke depan. Hampir semua tamu undangan yang bertahan sampai akhir acara mendapatkan hadiah door prize, dengan hadiah terbesar yaitu 2 sepeda dan 1 sepeda motor. 

 

Untuk lebih nyata menunjukkan kerja-kerja PKBI selama ini, selama acara berlangsung PKBI menyediakan replika tenda kespro dan tenda relawan yang ditempatkan pada lokasi bencana saat respon Program Humanitarian.  

 

Perayaan ini menutup tahun ke-61 sekaligus tahun 2019 bagi keluarga PKBI. Di tahun mendatang, PKBI akan mengembangkan program-program baru sekaligus menghadapi tantangan baru. Maka, PKBI harus menguatkan pilar-pilar internalnya demi menghadapi kejutan-kejutan di tahun 2020.

error: Content is protected !!