Berita Pers : Revitalisasi Posyandu Untuk Menekan Angka Kematian Ibu
22 May 2015
Kliping Media : Urusan Kematian Ibu, Indonesia dapat Rapor Merah
25 May 2015
Show all

Berita Pers :Libatkan LSM dan Masyarakat untuk Pencapaian MDGs

BERITA PERS
Libatkan LSM dan Masyarakat untuk Pencapaian MDG’s

Jakarta, 21 Mei 2015 – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) mengirimkan delegasi ke Genewa dalam pertemuan Diskusi Global Masyarakat di World Health Assembly’s ke-68 (WHA 68) yang jatuh pada tanggal 21 Mei 2015. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 30 negara perwakilan PBB dan PKBI mendapat kesempatan untuk hadir sekaligus menjadi nara sumber. Adapun perwakilan PKBI yaitu Bahaludin Surya yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua Pengurus Nasional PKBI dari perwakilan remaja.
Tujuan kegiatan di atas guna melihat sejauh mana komitmen pemerintah dalam pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs) 2015. Berdasarkan data Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia bahwa pada tahun 2012 terjadi peningkatan tren angka kematian ibu naik hingga 359/100.000 kelahiran, yang sebelumnya pada tahun 2007 berkisar 228/100.000 kelahiran. Disamping itu, peningkatan penularan HIV pada Ibu Rumah Tangga (IRT) yang trennya semakin meningkat dari tahun ke tahun lebih mempertegas bahwa pemerintah Indonesia telah gagal dan merupakan rapor merah dalam rangka pencapaian MDG’s khususnya pada isu kesehatan perempuan dan anak.
Bahaludin Surya (Wakil Ketua Pengurus Nasional) menyatakan bahwa “Sejauh ini pemerintah Indonesia sudah berusaha mencapai target MDG’s, namun kita perlu membangkitkan kembali partisipasi masyarakat untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dengan melibatkan LSM, dan Organisasi berbasis komunitas. Dalam rangka pencapaian MDG’s pemerintah harus transparan dan akuntabel.
Acara tersebut di atas diinisiasi oleh Pemerintah Bangladesh dan Swedia untuk memfasilitasi dengar pendapat terkait pencapaian MDG’s. Dialog global ini fokus pada akuntabilitas masyarakat untuk mengawal komitmen pemerintah dan sebagai ruang dialog yang konstruktif bagi perwakilan masyarakat.
Ibil (nama panggilan Bahaludin Surya) sebagai perwakilan dari remaja Indonesia merekomendasikan merekomendasikan beberapa hal untuk kemajuan Pemerintah Indonesia yaitu :
• Pemerataan akses layanan yang berkualitas dan non diskriminasi untuk menjamin cakupan layanan kesehatan semesta khususnya yang berkaitan dengan kesehatan ibu dan anak serta paket layanan komprehensif keluarga berencana.
• Memastikan bahwa remaja mendapatkan pemenuhan hak-hak seksual dan reproduksi yang komprehensif.

Dengan rekomendasi di atas, diharapkan bahwa hasil dari proses diskusi dengan masyarakat , LSM dan pemerintah akan dapat didengar dan dianggap sebagai input global.
*Tentang Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)*
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) merupakan sebuah organisasi gerakan yang didirikan pada tahun 1957. PKBI mempelopori gerakan Keluarga Berencana di Indonesia.Hingga saat ini PKBI memiliki kantor daerah di 27 Provinsi di Indonesia dan terus memperjuangkan hak warga Negara untuk terpenuhinya hak kesehatan secara menyeluruh termasuk kesehatan seksual dan reproduksi.

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)
Jl. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
(021-720-7372)
www.pkbi.or.id
Informasi lebih lanjut hubungi :
Devi : 081805889245

error: Content is protected !!