Berita Pers :Wujudkan Gotong Royong, PKBI Selenggarakan Rembug Kader
27 March 2015
Berita Pers :Kembalikan Budaya Gotong Royong Bangsa
27 March 2015
Show all

Berita Pers : Kader PIKM Berhasil Ajak 400 Ribu Orang Tes HIV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Selama tahun 2014, kader gerakan Pusat Informasi Kesehatan Masyarakat (PIKM) berhasil mengajak sekitar 400 ribu warga Indonesia untuk mengikuti tes penyakit mematikan Human Immuno Deficiency Virus (HIV) dan Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Direktur Eksekutif Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Inang Winarso mengatakan, PIKM merupakan gerakan masyarakat yang sengaja pihaknya rintis dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat supaya mau menjalani pemeriksaan HIV/AIDS.

“Ketika kader PIKM terlibat dan partisipasi gotong royong tumbuh, mereka bisa mengajak 400 ribu orang memeriksakan diri dari penyakit HIV/AIDS selama tahun 2014. Padahal, di tahun 2013 lalu BPKBI dengan tim di lapangan hanya bisa memobilisasi 27 ribu jiwa masyarakat Indonesia yang mau mengikuti tes ini,” katanya kepada Republika, di Jakarta, Rabu (25/3).

Dia menambahkan, dengan banyaknya anggota masyarakat yang mengikuti tes HIV/AIDS maka kemungkinan jumlah penemuan kasus semakin besar. Diharapkan dengan fakta yang cepat terungkap ini dapat ditangani lebih dini. Untuk itu, pihaknya sengaja menggelar urun rembug nasional PIKM yang berasal dari 12 provinsi ini dengan tujuan mempresentasikan keberhasilan kader.

Tidak hanya itu, 1.898 kader PIKM terlatih maupun 10 ribu kader PIKM belum terlatih bisa diberikan capacity building dan pengetahuan yang lebih banyak lagi. “Supaya pengetahuan para kader ini menyamai pengetahuan tenaga kesehatan lainnya. Sehingga bisa memberitahu masyarakat sekitar mengenai persoalan ini,” ujarnya.

http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/03/25/nlrsh1-kader-pikm-berhasil-ajak-400-ribu-orang-tes-hiv

error: Content is protected !!