Masyarakat Jatim Diminta Setop Stigma Negatif ke ODHA
4 December 2023
Show all

Hari AIDS Sedunia, PKBI dan Duta Peduli HIV/AIDS Kaltim Gelar Aksi Damai

Kaltimtoday.co – PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Kalimantan Timur bersama Duta Peduli HIV/AIDS Kalimantan Timur 2022 sukses menggelar aksi damai di simpang empat mall Lembuswana, Jumat (1/12/2023).

Aksi damai tersebut dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tahunnya pada 1 Desember. Aksi damai ini bertemakan “Let Communities Lead, Akhiri AIDS 2030”. Aksi tersebut dilaksanakan dengan membentangkan spanduk berisi ucapan memperingati Hari AIDS Sedunia dan pembagian gantungan kunci ke pengguna jalan.

Apa Tujuan dari Adanya Kegiatan Aksi Damai?

Kegiatan aksi damai Hari AIDS Sedunia di Samarinda, Kaltim
Kegiatan aksi damai Hari AIDS Sedunia di Samarinda, Kaltim. (Istimewa)

Direktur Eksekutif Daerah PKBI Kalimantan Timur, Asmuran Gautama mengungkapkan bahwa, “Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan semua orang agar dapat menyadari bahwa ada bahaya HIV/AIDS di sekitar kita. Kita bisa mencegahnya dengan bersama-sama melakukan edukasi kemudian mendukung semua pihak yang bergerak di penanggulangan isu HIV/AIDS.”

Selain itu, aksi damai ini merupakan salah satu kontribusi untuk mensukseskan Eliminasi HIV/AIDS 2030 di Indonesia.

Siapa Saja yang Terlibat dalam Aksi Damai?

Agenda aksi damai Hari AIDS Sedunia di Samarinda
Agenda aksi damai Hari AIDS Sedunia di Samarinda. (Istimewa)

Aksi damai ini diikuti oleh beberapa lembaga dan organisasi, seperti PKBI Daerah Kalimantan Timur, Inti Muda Kalimantan Timur, Duta Peduli HIV/AIDS Kalimantan Timur, Forum GenRe Samarinda, Duta GenRe Samarinda dan Duta Anti Narkoba Samarinda serta didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Apa Ada Kegiatan Lain yang PKBI Laksanakan dalam Rangka Hari AIDS Sedunia?

Asmuran menjelaskan bahwa, dalam rangka Hari AIDS Sedunia, PKBI Kalimantan Timur mendapatkan kepercayaan dari Dinas terkait untuk mengkoordinasikan kegiatan Hari AIDS Sedunia ini dengan beberapa rangkaian kegiatan. 

“Sejak tanggal 26 November lalu, kami sudah mengkampanyekan Hari AIDS Sedunia ini melalui media sosial dengan mengadakan giveaway berupa “Twibbon Challenge”. Kemudian pada tanggal 1 Desember kemarin, sejak pagi hingga sore telah berlangsung mobile test serentak di 6 titik yang ada di Kota Samarinda dan 2 titik di Kota Balikpapan.” ucap Asmuran

Pesan Direktur Eksekutif Daerah PKBI Kaltim di Peringatan Hari AIDS Sedunia

“Mari kita bebaskan generasi Bangsa agar terhindar dari HIV/AIDS. Kemudian sesuai dengan tema Hari AIDS Sedunia 2023,  saatnya komunitas lebih berperan lagi untuk memberikan edukasi dan dukungan terhadap upaya-upaya penanggulangan HIV/AIDS.” pungkasnya.

Mari bersama kita tingkatkan pemahaman serta kesadaran kita terkait HIV/AIDS tanpa adanya stigma negatif dan diskriminasi.

[Kontributor : Gilang Satria Pratama | Editor : Diah Putri]

https://kaltimtoday.co/hari-aids-sedunia-pkbi-dan-duta-peduli-hivaids-kaltim-gelar-aksi-damai