Kesehatan Remaja, Tanggung Jawab Kita Semua
26 June 2019
Liputan Media: Bersama PKBI NTT, LPKA Kupang Evaluasi Program Pembinaan Anak
28 June 2019
Show all

Video Lirik Album Bangkit Pasigala

Program Humanitarian PKBI selalu melibatkan remaja dalam respon bencananya. Tahun lalu, remaja dan relawan PKBI diajak untuk melatih kemampuan bercerita sebagai bagian dari respon bencana Lombok. Kegiatan ini menghasilkan sebuah album dokumentasi dalam format photo voice atau kumpulan foto yang disertai keterangan selama respon berlangsung. 

 

Merupakan rangkaian dari respon Humanitarian bencana Palu September 2018 lalu, album mini Bangkit Pasigala merupakan buah kolaborasi Youth PKBI dengan Project Qiu melalui Pelatihan Music Creation di Palu. Pelatihan Music Creation menjadi salah satu kegiatan Program Kemanusiaan PKBI dengan dukungan UNFPA untuk remaja terdampak bencana di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah. Lagu “Bangkit Pasigala”, “Kau Tak Sendiri”, dan “Masa Depan” merupakan tiga lagu yang tergabung dalam mini album. Ketiganya memperdengarkan suara remaja PKBI Sulawesi Tengah dengan iringan musik dari Project Qiu. Turut berkontribusi dalam penulisan lagu adalah Ferena Debineva, selaku fasilitator Pelatihan Music Creation. 

 

Kamis (21/6) lalu, kami meluncurkan video lirik untuk setiap lagu dalam album Bangkit Pasigala melalui akun YouTube suarapkbi. “Bangkit Pasigala” mencerminkan semangat remaja bagi pemulihan Sulawesi Tengah yang mengalami bencana hebat. Lebih dari semangat pemulihan, album ini juga mengangkat seruan remaja tentang masalah sosial yang sering ditemukan di Sulawesi Tengah, misalnya “Masa Depan”, hasil brainstorming tentang isu perkawinan anak dan mendorong remaja untuk membuat prioritasnya sendiri demi masa depan dan “Kau Tak Sendiri” penguatan psikososial bagi remaja lain untuk tetap positif dalam krisis. 

 

Pelatihan Music Creation dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan, dari proses pembuatan musik, penulisan lirik hingga mastering. Namun, kegiatan bersama remaja PKBI Sulawesi Tengah berlangsung selama tiga hari, 29-31 Maret 2019. Total peserta yang hadir sejumlah 24 remaja, dengan jarak usia 15 tahun sampai kuliah. 

 

Brainstorming lirik diawali dengan isu yang dihadapi remaja Sulawesi Tengah, yaitu psikososial dan perkawinan anak. Peserta remaja diajak untuk mengungkapkan perspektif mereka lewat pertanyaan sederhana: “Jika waktu dapat diputar, apa yang mau kamu katakan kepada adik, teman, atau sepupumu sebelum mereka memutuskan menikah di usianya yang masih muda?” Tanggapan inilah yang kemudian diintegrasi dalam lagu. Pada hari pertama, tim produksi juga menyelesaikan music pattern agar siap menjadi panduan dalam rekaman esok harinya. Hari kedua dan ketiga digunakan untuk latihan dan rekaman. 

 

Kami mengucapkan terima kasih pada UNFPA, Project Qiu (Tabib Qiu, Enka, I-Kid), PKBI Sulawesi Tengah, Youth PKBI Sulawesi Tengah, dan kawan-kawan relawan hebat yang terlibat dalam proses music creation.

 

Bangkit Pasigala

 

Kau Tidak Sendiri

 

Masa Depan

 

Credits:

Music Production for “Kau Tak Sendiri” & “Masa Depan” by SOUNDSTARZ •

All Tracks Mixed & Mastered by Agha Khan, EQualCircle Production, Cirebon, Indonesia •

All Vocals Directed by PROJECT QIU (Enka, I-Kid, Tabib Qiu)

 

error: Content is protected !!