PKBI: Perundungan AY, Redam Sikap Reaktif Kedepankan Keadilan Restoratif
11 April 2019
Selamat Menyambut Ramadan 1440H
6 May 2019
Show all

PKBI Selenggarakan Serah Terima Jabatan Direktur Eksekutif Pusat

Jakarta, 15 April 2019 – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) menyelenggarakan serah terima jabatan untuk posisi direktur eksekutif di Wisma PKBI, Jakarta. Serah terima jabatan dilakukan dari Rr. Satyawanti, selaku Direktur Eksekutif Periode 2017-2019, telah kepada Eko Maryadi, jurnalis yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) 2011-2014 dan Ketua Southeast Asian Press Alliance (SEAPA) 2014-2018.

Acara serah terima jabatan dihadiri oleh Pengurus Nasional PKBI dan staf. Ketua Pengurus Nasional PKBI Ichsan Malik memberikan sambutan pada acara ini. Ia mengucapkan terima kasih atas pengabdian Rr. Satyawanti selama ini dan berharap bahwa hubungan baik akan tetap terjalin sampai kapanpun.

Ketua Pengurus Nasional PKBI Ichsan Malik menyampaikan sambutannya

Dalam pidatonya, Ichsan Malik juga menekankan bahwa belakangan ini, pekerjaan PKBI semakin berat karena menguatnya konservatisme di masyarakat Indonesia. Hal ini berakibat pada timbulnya kecurigaan masyarakat pada lembaga yang fokus menangani kesehatan reproduksi dan kelompok rentan. Secara internal, ia juga mengemukakan semakin sulitnya mendapatkan pendanaan dari lembaga donor yang juga terjadi pada lembaga NGO lain.

“Untuk mengatasi hal ini diperlukan sinergi antara eksternal dan internal yang dapat menjadi kekuatan PKBI. Selain itu, diperlukan penguatan nilai-nilai organisasi sehingga terwujud keluarga yang bertanggung jawab dan toleran di masyarakat sebagai kredo PKBI”, tutur Ichsan Malik.

Sambutan dilanjutkan oleh Rr. Satyawanti, yang menceritakan suka dukanya di PKBI. Ia bercerita tentang awal kariernya di PKBI Jawa Tengah, kemudian menjabat posisi Direktur Eksekutif PKBI Daerah NTB. Awal perkenalannya dengan PKBI dimulai saat ia maenjadi pendamping Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA). Saat itu ia menyadari betapa pentingnya peran keluarga dalam pendampingan ODHA. Selain itu, lewat pengalamannya di PKBI, ia juga berkenalan dengan dunia penelitian dan penulisan yang menjadi hasrat hidupnya saat ini.

Direktur Eksekutif PKBI 2017-2019 Rr. Satyawanti menceritakan suka duka di PKBI

Setelah pidato sambutan dan kesan pesan, acara dilajutkan dengan penyerahan jabatan dari direktur eksekutif lama ke direktur eksekutif baru. Penyerahan ini disertai dengan penandatanganan berita acara oleh direktur eksekutif dan pengurus. Setelah serah terima selesai, Eko selaku direktur eksekutif baru memberikan ucapan terima kasih dalam sambutannya.

Direktur Eksekutif PKBI yang baru terpilih, Eko Maryadi menyampaikan sambutannya

Eko mengatakan selama masa jabatannya ia akan memprioritaskan isu-isu internal dan eksternal yang belum tuntas, seperti tertulis dalam memorandum masa akhir jabatan direktur eksekutif sebelumnya. Ke depannya, Eko berharap bahwa dalam masa jabatannya ini ia dapat menjadi jembatan bagi dewan pengurus dan staf juga penghubung antara masing-masing bidang di PKBI. Acara ditutup dengan pemberian selamat dari para hadirin kepada direktur eksekutif lalu dilanjutkan dengan makan siang dan hiburan. (DNR)

error: Content is protected !!