Anak Muda Bicara Perkawinan Anak
24 July 2019
RUU Penghapusan Kekerasan Seksual Melengkapi UU yang Telah Ada
26 July 2019
Show all

Liputan Media: ‘Ora Saru’, Jogja Art Week Gelar Pameran Seksual

KRJOGJA.COM, Yogyakarta – SEKSUALITAS selalu menjadi perbincangan yang menarik, karena masih dianggap tabu. Biasanya cenderung dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Namun tidak bagi para seniman. Persoalan seksualitas mereka tuangkan lewat karya dalam pemeran ‘Ora Saru’.

Persoalan tentang seksualitas ini menarik para seniman remaja yang tergabung dalam komunitas Pensil terbang. Berkolaborasi dengan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DIY.

Para seniman remaja ini ingin menyampaikan bahwa berbicara tentang seksualitas itu bukan hal yang tabu (dalam bahasa jawa Ora Saru) melalui karya-karya visual.

Pameran ‘Ora Saru’ merupakan rangkaian dari event seni tahunan Jogja Art Week 2019. Para senimannya adalah Abdul Muhaimin, Andika Namaste, Baiq Indira Septari, Cecila Elma, Dzaky Aziz, Gabriel Ega, Gigatheis, Iannvernus, Indrawan Refa, Lyan Rafi Athafeli, Muhammad Aditia, Parahita, Sinathrya Alpino, Suci Rahmawati, Sulthan Ibrahim, dan Venita Kurnia.

Menurut ketua Jogja Art Week Umar Anhar, mengatakan, seksualitas lebih sering digunakan sebagai bahan candaan daripada dibicarakan dengan serius dan ilmiah.

Selain itu, pendidikan tentang seksualitas juga belum dianggap perlu di negeri ini, karena masih banyak yang berpandangan bahwa pendidikan seks itu tabu, hanya akan mengajarkan remaja untuk melakukan hubungan seks.

“Kalaupun ada yang memberikan pendidikan tentang seksualitas, hanya diberikan secara sepotong-sepotong, tidak terbuka, dan tidak diberikan secara komprehensif,” kata Umar keterangannya.

Sebagian besar pengetahuan remaja tentang seksualitas mereka dapatkan melalui pengalaman-pengalaman dan pergaulan bersama temannya. Akibatnya terjadi disinformasi, seksualitas hanya dimaknai sebagai hubungan seks saja (perilaku seksual).

“Mitos-mitos tentang seksualitas juga berkembang dikalangan remaja seperti mitos keperkasaan, mitos keperawanan, mitos tentang perilaku seks,” jelasnya.

Pameran berlangsung pada tanggal 23 Juli sampai 23 Agustus 2019 di Galeri Lentera Sahaja, Youth Center PKBI DIY, Jalan Taman Siswa, Gg Basuki MG II/558. Pameran buka setiap hari Senin-Sabtu jam 10.00- 17.00. (Ive)

 

Artikel ini telah tayang di krjogja.com, dengan tautan https://krjogja.com/web/news/read/105371/Ora_Saru_Jogja_Art_Week_Gelar_Pameran_Seksual

error: Content is protected !!