Informasi PKBI : Berlangsungnya Rembug Nasional Kader 2015
27 March 2015
Kliping Media: Ribuan Ibu Positif HIV-AIDS, Penyuluhan ke Ibu Rumah Tangga Jadi Fokus PKBI
7 April 2015
Show all

Berita Pers:Stop Stigma dan Diskriminasi ODHA, PKBI adakan Hugging Run

Stop Stigma dan Diskriminasi ODHA, PKBI adakan Hugging Run
Jakarta, 06 April 2015
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) akan mengadakan kegiatan “Hugging Run” yang bertema “Keluarga adalah Rumah Terbaik untuk ODHA” dengan tagline “One Hug One Life”.

PKBI menginisiasi hal ini karena miris dengan kenyataan bahwa masih banyak Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang harus diberi perlakuan khusus dan masih kental dengan stigma dan diskriminasi, bahkan oleh keluarganya sendiri.

Berdasarkan data Kementrian Kesehatan RI per Desember 2014, kasus HIV mengalami peningkatan hingga 160.138 kasus. Hampir Sekitar 71,9 % kasus terdapat pada rentang usia antara 25-49 tahun.
Masalah stigma dan diskriminasi yang dihadapi oleh ODHA hingga saat ini seharusnya menjadi perhatian kita semua. Bahkan unit terkecil yaitu keluarga masih melakukan stigma dan diskriminasi yang semakin memperparah kondisi psikologis mereka. Padahal mereka berharap keluarga dapat menerima, memberikan perhatian dan dukungan kepada mereka.
Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Randi (nama samaran, HIV+) “Ketika di malam hari dalam suasana yang sangat tenang bersama mama dan kakakku, aku memberitahukan hasil tes HIV yang ternyata hasilnya + (positif) kepada mereka. Alhasil mamaku sangat kecewa dan sempat marah kepadaku, apalagi kakakku langsung menarik anaknya untuk menjauh dariku”.
Sama halnya dengan Erna (bukan nama sebenarnya, HIV+) menyatakan bahwa “ awal keluarga mengetahui status HIV saya, mama hanya melarang saya untuk memegang keponakan saya yang masih kecil karena kasihan kalau tertular”. Menurutnya sikap seperti itu wajar, karena mama belum paham dengan HIV, imbuhnya.
Inang Winarso (Direktur Eksekutif PKBI) menjelaskan “Event ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2015. Acara ini didukung kegiatan olah raga lainnya dan kegiatan sosialisasi informasi HIV/AIDS yang rencananya akan dilaksanakan secara serentak di 3 (tiga) kota yaitu Bandung, Denpasar, dan Jakarta selama 2 (dua) hari yakni pada tanggal 30 – 31 Mei 2015”.
“Diharapkan dengan bentuk kegiatan seperti ini masyarakat dapat lebih paham isu HIV/AIDS dan terutama bagi keluarga yang mempunyai anggota keluarga HIV+ tidak lagi melakukan stigma dan diskriminasi karena pada prinsipnya keluarga adalah rumah terbaik bagi ODHA”, imbuh Inang.
Sebagai tambahan informasi, Dalam menyelenggarakan kegiatan ini PKBI bekerja sama dengan Limaplus Komunika. Hugging Run 5K akan dikemas dengan kegiatan olah raga (Futsal dan Basket) dan kegiatan sosialisasi lainnya (Tes HIV Bersama, Talk show, Bazar dan MRAN). Rencananya, acara ini akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat, termasuk ODHA dan dimeriahkan oleh artis ibu kota.
*Tentang Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)*
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) merupakan sebuah organisasi gerakan yang didirikan pada tahun 1957. PKBI mempelopori gerakan Keluarga Berencana di Indonesia. Hingga saat ini PKBI memiliki kantor daerah di 27 Provinsi di Indonesia dan terus memperjuangkan hak warga Negara untuk terpenuhinya hak kesehatan secara menyeluruh termasuk kesehatan seksual dan reproduksi.
Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)
Jl. Hang Jebat III/F3 Kebayoran Baru-Jakarta Selatan
(021-720-7372)
www.pkbi.or.id
Informasi lebih lanjut hubungi :Devi : 0818-05889245

error: Content is protected !!