SITUATION REPORT BENCANA BANJIR BANDANG KOTA MANADO SULAWESI UTARA per 25 Januari 2021
28 January 2021
Show all

SELAMAT MERAYAKAN TAHUN BARU IMLEK 2572

Hari ini (Jumat, 12 Februari) merupakan Hari Libur Nasional Perayaan Tahun Baru Imlek 2572.

Tahun Baru Imlek tahun ini menandai dimulainya Tahun Kerbau Logam.

Tahun baru Kerbau Logam kali ini membawa makna munculnya harapan baru semua orang kembali bangkit dan giat bekerja setelah satu tahun penuh dengan tantangan.

Tahun Baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan “Cap Go Meh” pada hari ke 15 –saat bulan purnama.

Tahun baru Imlek atau Tahun Baru Cina (Chinese New Year) dirayakan di berbagai kota besar di dunia dan daerah yang mempunyai populasi suku Tionghoa.

Penetapan Hari Raya Imlek sebagai Hari Libur Nasional berdasarkan Kepres no.19 tahun 2002 dan mulai berlaku sejak tahun 2003 era Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Dalam perayaan tahun baru Imlek, warga Tionghoa mengungkapkan rasa syukur, berdoa dan berkumpul bersama keluarga, dan saling membagikan angpao.

Tiap daerah di Indonesia memiliki tradisi berbeda untuk merayakan Imlek, sesuai kearifan lokal masing-masing. Diantaranya memasang lampion, atraksi Barongsai di tempat publik, kegiatan festival kuliner, pawai, gelar budaya Tionghoa, dan lain sebagainya.

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) mengucapkan :
“Selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2572 dengan mematuhi protokol kesehatan Covid 19. Semoga pada tahun baru Imlek ini kita semua dilimpahi berkah, rasa syukur, kebahagiaan dan kemakmuran.