Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia
28 September 2020
Sumpah Pemuda 1928-2020
28 October 2020
Show all

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Berduka Cita

Inna lillahi wainna ilaihi raaji’uun. Telah meninggal dunia Dr. H. Sarsanto Wibisono Sarwono, SpOG, di RS Polri Jakarta Timur dalam usia 74 tahun.

Almarhum Dokter Sarsanto Wibisono Sarwono, SpOG, lahir di Purbalingga, 18 November 1946, meninggalkan seorang istri, tiga orang anak, dan lima cucu.

Almarhum Dokter Sarsanto adalah lulusan Fakultas Kedokteran Umum UI (1964-1970), spesialis Obstetri Ginekologi FKUI (1972-1977), Ketua ILUNI Fakultas Kedokteran UI 1970, Ketua I dan II Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia atau POGI (1996-2003), mantan Ketua Pengurus Nasional Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) periode 2010-2018 dan Ketua Dewan Pengawas PKBI.

Almarhum dikenal sebagai profesional bidang kandungan dan kebidanan, juga pengajar di Fakultas Kedokteran UKI dan sekolah perawat di Jakarta.

Beliau pernah bekerja di berbagai Rumah Sakit seperti Komite Medik RS Cikini, Ketua Komite Medik dan Kepala Bagian Obsgin RSU UKI, Direktur Personalia RS Tebet, spesialis Obsgin di Klinik SOS Internasional, RS Pertamina Jaya, RS Pelabuhan, dan lain-lain.

Saat aktif di PKBI, Dokter Sarsanto memberikan pelatihan kesehatan seksual reproduksi (kespro) untuk dokter, bidan, dan relawan Keluarga Berencana di seluruh Indonesia.

Dikenal memiliki pengetahuan luas dalam layanan Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) berbasis Konseling, almarhum bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan, BKKBN, juga pihak swasta, dalam memberikan layanan  kespro berkualitas.

Dokter Sarsanto juga aktif dalam advokasi dan kampanye UU Kesehatan No 36 tahun 2009,  Peraturan Pemerintah (PP) No.61 tahun 2014 tentang Kesehatan Reproduksi, dan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) No 3 tahun 2016 tentang implementasi Pelatihan Pelayanan Aborsi Atas Indikasi Kedaruratan Medis dan Kehamilan Akibat Perkosaan.

Semoga almarhum husnul khatimah dan keluarga yang ditinggalkan dilimpahi kesabaran.

error: Content is protected !!